Minggu, 01 Mei 2011

Memilih Masker Wajah Sesuai Jenis Kulit


Rajin membersihkan wajah setiap hari merupakan rutinitas yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan wajah. Dengan rajin membersihkan wajah setiap hari, tapi kulit wajah masih tampak kusam? Mungkin bukan salah produk perawatan yang digunakan, bisa jadi karena aktifitas, gaya hidup dan l...evel stres yang tinggi mengakibatkan kulit Anda kehilangan sinarnya. Salah satu cara tercepat mengembalikan kesegaran kulit wajah adalah dengan masker. “Masker berguna untuk melancarkan proses regenerasi kulit, menutrisi sekaligus menyegarkan kulit,” ujar dr.Claudia dari Duraskin.

Selain itu, masker juga dapat menstimulasi peredaran darah pada wajah, membuka pori-pori yang tersumbat, mengangkat sisa kotoran, kosmetik dan debu dari polusi. Itulah sebabnya banyak juga make up artist selebriti Pat McGrath selalu menggunakan masker pada wajah kliennya sebelum merias wajah. Hasilnya adalah kulit wajah jadi segar, sehingga make up menempel dengan baik dan warnanya pun ‘keluar’. Tak heran, bila masker banyak dijadikan solusi cepat untuk membuat wajah terlihat prima di hari istimewa.

MASKER SESUAI JENIS KULIT
”Karena masker merawat secara intensif, penggunaan masker yang salah bisa menimbulkan masalah baru di kulit. Perlu diingat, tiap individu memiliki problem kulit yang berbeda, sebaiknya gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit.” Jelas dr Claudia. Kini banyak sekali jenis masker wajah yang beredar di pasaran. Dari yang berbentuk bubuk, clay, liquid, krim, gel, hingga tisu. Menurut dr Claudia khasiatnya pada dasarnya punya persamaan tujuan: mengangkat minyak, membersihkan pori-pori, mengangkat kotoran, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori wajah dan membantu regenerasi kulit agar sel kulit baru yang tumbuh lebih lembut dan sehat. Yang membedakan satu dengan lainnya adalah bahan kandungan tambahan yang diracik untuk kebutuhan jenis kulit tertentu.

1. Kulit berminyak
Ditandai dengan produksi minyak berlebih di sekitar dahi, hidung, dagu (istilahnya daerah T) serta pipi di bagian bawah tulang pipi. Dan pada umumnya mudah berjerawat. Dibutuhkan masker yang mampu mengimbangi kelebihan minyak pada wajah, sekaligus membantu mengeringkan jerawat. Pilih masker yang mengandung ekstrak pepaya, dan hindari masker kolagen, karena dapat memicu produksi minyak dan membuat wajah makin berjerawat. Bila wajah sedang banyak jerawat, hindari masker peel off, karena kulit yang sedang mengalami peradangan bisa teriritasi.

2. Kulit kering
Kulit wajah kering, cirinya berwarna kusam dan tidak bercahaya.. Kadang kulit terasa menegang atau tertarik, bahkan ada yang bersisik dan menjadi gatal. Keadaan pori-pori kulit sering tampak kusam dan kasar dan lebih cepat untuk timbul garis-garis halus. Tipe kulit ini membutuhkan masker yang menutrisi, menghidrasi dan melembapkan kulit, seperti masker yang mengandung kacang-kacangan atau mineral laut.

3. Kulit normal
Diantara dua jenis kulit tadi, yang paling ideal adalah jenis kulit normal. Kulit jenis ini tidak berminyak dan juga tidak kering. Maka dibutuhkan masker yang sifatnya perawatan, menyegarkan dan menjaga kelembutannya, seperti: masker kolagen atau masker lumpur yang kaya mineral

10 MASKER ANDALAN!


1. Lumpur
Masker jenis ini sudah terbukti khasiatnya sejak era Cleopatra. Bangasawan jawa pun punya resep manjur yang turun temurun. Produk instannya menggunakan ekstrak mineral lumpur yang berfungsi sebagai detoksifikasi. Karena terbuat dari bahan alami, umumnya cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Setelah dua kali pemakaian, langsung terasa kulit terstimulasi untuk beregenerasi dan sel kulit baru yang tumbuh teksturnya terasa lebih lembut. Di dalamnya juga terkandung vitamin C dan Castor Oil yang baik untuk menutrisi kulit.

2. Natural
Masker jenis ini banyak sekali variasinya, tapi umumnya berbahan dasar yang relatif sama seperti: kacang almond, oatmeal dan madu. Khasiatnya adalah menutrisi kulit dan umumnya cocok di semua jenis kulit. Dengan perawatan seminggu sekali, pembentukan sel kulit baru akan mencegah masalah kulit kusam dan dehidrasi. Masker ini efektif mengatasi kulit lelah sekaligus mengembalikan vitalitas kulit. Cocok untuk kulit stres, digunakan usai bepergian, usai lembur atau beraktifitas padat.

3. Citrus
Ekstrak citrus terkenal kaya akan vitamin C, dan berkhasiat membersihkan dan mengangkat sel kulit mati. Karena sifatnya mencerahkan, maka cocok digunakan pada kulit lelah dan kusam, atau kulit yang terlalu lama berada di ruangan ber AC. Penggunaan dua kali dalam seminggu akan merawat kulit lebih sehat, bercahaya dan segar. Selain bentuk bubuk, juga terdapat masker bentuk tisu yang instan.

4. Mentimun
Banyak orang yang sudah paham betul manfaat ekstrak mentimun. Memang banyak sekali khasiatnya. Selain menyegarkan kulit, juga cocok untuk merawat kulit berminyak dan kombinasi. Masker mentimun dapat menjaga kadar air dan minyak dalam kulit, mengecilkan pori, sekaligus memperbaiki teksturnya.

5. CO2 Powder
Masker ini tergolong baru, tapi sudah populer di dunia kecantikan. Awalnya terdapat di klinik kecantikan, tapi kini sudah mulai diproduksi dalam bentuk kemasan yang bisa dipakai di rumah. Bentuknya berupa bubuk yang harus dicampur dengan air menjadi ‘adonan’. Efektif merawat kulit yang sangat berminyak atau berjerawat parah. Co2 di dalamnya berkhasiat meredam peradangan yang disebabkan oleh bakteri pemicu timbulnya jerawat. Hindari area seputar mata dan bibir, dan bilas dengan air dingin, wajah akan terasa bersih, segar dan kencang sesudahnya.

6. Hot Mask
Bagi pemilik kulit berminyak yang banyak komedo, masker jenis ini boleh dicoba. Bentuknya bubuk yang dicampur dengan air. Di dalamnya terdapat kandungan aneka herbal dan mint. Saat digunakan terasa sensasi hangat. Rasa hangat yang ditimbulkan ini menstimulasi kulit wajah agar peredaran darah lancar, membuka pori sehingga membantu proses penetrasi nutrisi di masker ke dalam kulit. Biasanya, usai mengenakannya jerawat akan cepat mengering. Pada kasus kulit berjerawat dengan pemakaian rutin 2 minggu sekali, kulit akan terasa lebih halus dan pori mengecil. Tidak disarankan digunakan untuk kulit kering dan sensitif, karena dapat mengiritasi kulit.

7. Herbal
Masker ini berbentuk bubuk terbuat dari aneka herbal ini pas untuk kulit wajah lelah, yang membutuhkan hidrasi dan relaksasi. Masker ini bersifat melembabkan, di dalamnya berisi berbagai jenis tumbuhan seperti: sambiloto, putri malu. Ada juga yang diberi tambahan rumput laut untuk memberi sensasi dingin pada wajah, sekaligus mengendurkan otot wajah yang tegang. Cocok digunakan oleh semua jenis kulit, terutama pada kulit yang membutuhkan tambahan kadar air pada jaringan kulit.

8. kolagen
Masker dengan kandungan kolagen berkhasiat meningkatkan elastisitas kulit sekaligus melembapkan dan menambah kadar air dalam kulit. Hasilnya juga terasa lebih lama dibanding masker lainnya, permukaan kulit lebih lembut dan halus bercahaya. Disarankan untuk hari istimewa, seperti pesta atau menjelang hari pernikahan.

9. Masker Gel
Teksturnya yang kenyal dan dingin memberi efek relaksasi pada kulit wajah yang stres dan berminyak. Teksturnya ringan, mudah diaplikasikan dan mudah dihapus (cukup dikelupas saja) membuat masker ini disukai wanita sibuk. Fungsi masker ini adalah selain mengecilkan pori, juga bersifat anti iritasi, melembutkan
kulit dan menyegarkan kembali kulit wajah yang lelah.

10. Cooling
Sesuai dengan namanya, masker ini memberi sensasi rasa dingin. Usai digunakan kulit terasa sejuk, segar, dan otot wajah yang tadinya tegang terasa lebih kendur. Cocok untuk menyegarkan dan mengencangkan kulit yang sering terpapar sinar matahari, kulit yang stres karena terkena polusi atau terlalu lama berada di ruangan yang penuh asap rokok.anda bisa cari di Sumber: femina-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar